www.AlvinAdam.com

Berita 24 Papua

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Lewat Program Ini, Harga Semen dan Beras di Papua Turun

Posted by On 05.09

Lewat Program Ini, Harga Semen dan Beras di Papua Turun

detikFinance / Infrastruktur / Detail Berita Follow detikFinance Kamis, 03 Mei 2018 17:19 WIB Lewat Program Ini, Harga Semen dan Beras di Papua Turun Muhammad Taufiqqurahman - detikFinance Foto: Dok. Pelindo IVFoto: Dok. Pelindo IV Makas sar - Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan sejak akhir 2015, pihaknya sudah berupaya membangun konektivitas di Indonesia Timur dengan melakukan direct call dan direct export ke luar negeri bekerja sama dengan perusahaan pelayaran internasional asal Hong Kong, SITC.
Kedua kegiatan tersebut (direct call dan direct export) hingga kini intens dilakukan Perseroan dari beberapa pelabuhan besar di kawasan timur Indonesia di antaranya Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Balikpapan dan Pelabuhan Jayapura.
"Semua itu merupakan upaya (Pelindo IV) yang dilakukan untuk meningkatkan konektivitas domestik dan menekan disparitas harga, yang sebelumnya begitu tinggi antara wilayah barat dan timur Indonesia," kata Doso Agung di Makassar, Kamis (3/5/2018).

Foto: Dok. Pelindo IV

Dia menyebut, selama ini cukup banyak bukti konektivitas di Indonesia Timur berhasil, terutama dalam menekan disparitas harga barang kebutuhan dan membuat Sulawesi Selatan pernah mengalami deflasi, tepatnya pada Ramadan dan jelang Lebaran Idul Fitri 2017 lalu.
Menurutnya, konektivitas sangat erat hubungannya dengan pengendalian harga komoditas di Indonesia Timur. Musababnya, terbangunnya konektivitas via laut, otomatis membuat suplai sejumlah komoditas ke wilayah ini lebih terbuka.
Foto: Dok. Pelindo IV

Alhasil, disparitas harga antara timur dan barat perlahan menyusut, disusul dengan harga barang di tingkat konsumen yang juga menurun.
"Muaranya yakni menggairahkan kembali daya beli masyarakat," sebut Doso.
Tercatat, untuk harga semen di Wamena , Papua, yang semula Rp500.000 per sak, kini bisa dinikmati konsumen dengan harga Rp300.000 per sak atau mengalami penurunan harga sebesar 40%. Begitu juga dengan harga beras di Sorong yang semula Rp13.000 per kg, kini tinggal Rp10.500 per kg atau turun harga sebesar 20%.
Lebih jauh, Doso menyatakan direct call dan direct export juga membuka peluang bagi daerah di Indonesia Timur untuk menambah pendapatan daerah. Kawasan Timur Indonesia diketahui kaya komoditas unggulan yang selama ini diminati negara asing. Namun, negara asing hanya mengetahui komoditas itu berasal dari Surabaya atau Jakarta lantaran pengirimannya melalui Tanjung Perak atau Tanjung Priok.
"Tapi sejak Desember 2015, produk unggulan dari Indonesia Timur sudah bisa dikirim langsung ke luar negeri via Makassar. Tentunya itu bisa menambah pendapatan daerah dari berbagai biaya yang ditimbulkan," ujarnya.
Foto: Dok. Pelindo IV

Diakui Doso, mulanya pengiriman langsung ke luar negeri via Makassar dianggap sebagian orang sebagai hal yang mustahil. Namun akhirnya, Pelindo IV bisa membuktikan bahwa semua itu bisa dilakukan.
Doso optimistis, dengan beroperasinya Makassar New Port (MNP) yang ditarget rampung Oktober tahun ini, konektivitas di wilayah Indonesia Timur dan kegiatan direct call serta direct export yang dilakukan selama ini akan semakin lancar.
Doso Agung menuturkan bahwa progress pembangunan MNP cukup cepat. Kondisi itu untuk mengejar target yang telah dipatok, agar MNP Tahap I bisa kelar pada Oktober mendatang dan berfungsi optimal pada awal 2019 nanti.
"Hingga 30 April 2018, realisasi fisiknya sudah mencapai 67,21%."
Makassar New Port tahap I
Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan Pelindo IV, Farid Padang menambahkan, MNP Tahap I dibangun secara paket. Untuk paket A yang pembangunannya sudah dimulai sejak Juni 2015, progressnya sudah mencapai 79,23%. Paket B yang dibangun sejak September 2016, realisasi fisiknya sudah 67,18% dan paket C yang dibangun bersamaan dengan paket B, progressnya sudah 49,46%.
Sistem dermaga yang diaplikasikan adalah secant pile dengan sistem boring yang bisa mengefisiensikan waktu dan biaya dengan kualitas yang lebih baik, di mana penerapannya baru ada dua di dunia, yaitu di Liverpool dan Makassar New Port.
Dermaga ini adalah dermaga modern yang terkoneksi dengan jaringan kereta api Trans Sulawesi dan akan dioperasikan terintegrasi dengan pusat logistik Kawasan Berikat.
Foto: Dok. Pelindo IV

Farid menerangkan, untuk paket A, saat ini pihaknya sedang mengerjakan borepile dermaga dan upper structure.
"Di paket B, sedang dilakukan pekerjaan revetment, pengecoran saluran precast dan pekerjaan perkerasan paving block."
Sementara itu, pekerjaan yang sedang dikerjakan di paket C saat ini adalah, produksi core 1 - 5 kg, produksi underlayer 5 - 10 kg, pemasangan core breakwater (1 - 5 kg) dan pemasangan toe protection breakwater 100 - 160 kg. (fiq/hns) Berita Terkait
  • Pelindo III Targetkan Laba Rp 2,5 Triliun Tahun Ini
  • Pelindo III Kerja Sama Tiga Perusahaan Garap Proyek Rp 1 Triliun
  • Pelindo III Garap 3 Proyek Infrastruktur Rp 1,2 Triliun
  • Bangun Pelabuhan Sorong, Pelindo II Tunggu Restu Pemerintah
  • Proyek Kanal Cikarang Bekasi Laut Dimulai Semester I-2018
  • Genjot Kinerja, Pelindo II Kejar Pendapatan 2018 Rp 11,68 T
  • Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung Capai 92%
  • 12 Pelabuhan Akan Jadi Digital Port, Pelindo II Siapkan Rp 1 T
Baca Juga detikNews Bantuan Makanan Terus Mengalir untuk Korban Gizi Buruk di Asmat

Bantuan Makanan Terus Mengalir untuk Korban Gizi Buruk di Asmat

detikNews Ini Daftar Penerima Penghargaan Kemenhub Terkait Mudik 2017

Ini Daftar Penerima Penghargaan Kemenhub Terkait Mudik 2017

detikNews Kapal Pengangkut LPG Terbakar Dekat Pelabuhan Paotere Makassar

Kapal Pengangkut LPG Terbakar Dekat Pelabuhan Paotere Makassar

detikNews Tingkatkan Keselamatan Pelayaran, Menhub Bagikan Life Jacket

Tingkatkan Keselamatan Pelayaran, Menhub Bagikan Life Jacket

detikNews Menhub Tinjau Pelabuhan Makassar Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Men hub Tinjau Pelabuhan Makassar Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

detikNews Surprise, Menhub Dapat Tumpeng Ultah Saat Blusukan ke Makassar

Surprise, Menhub Dapat Tumpeng Ultah Saat Blusukan ke Makassar

detikNews Karyawan Pelindo IV Ditemukan Tewas Terjatuh dari Sebuah Hotel di Makassar

Karyawan Pelindo IV Ditemukan Tewas Terjatuh dari Sebuah Hotel di Makassar

detikNews Menhub dan Sulut Teken MoU Pengembangan Bandara Miangas dan Pelabuhan Bitung

Menhub dan Sulut Teken MoU Pengembangan Bandara Miangas dan Pelabuhan Bitung

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com News Feed
  • Proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek Disetop saat Mudik Lebaran

    Proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek Disetop saat Mudik Lebaran

    Kamis, 03 Mei 2018 17:53 WIB Proyek pengerjaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated akan disetop sementara pengerjaannya menjelang arus mudik dan balik. Ini jadwalnya.
  • Tunggu Hasil Evaluasi Libur Lebaran, Bos BEI: Kita Ikut Saja

    Tunggu Hasil Evaluasi Libur Lebaran, Bos BEI: Kita Ikut Saja

    Kamis, 03 Mei 2018 17:46 WIB Dirut Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio, sempat mempertanyakan libur Lebaran, namun kini Tito mendukung
  • Deretan Ruas Tol yang Siap Beroperasi Bulan Ini Foto Bisnis

    Deretan Ruas Tol yang Siap Beroperasi Bulan Ini

    Kamis, 03 Mei 2018 17 :40 WIB Tujuh ruas tol siap beroperasi pada Mei 2018. Simak penampakan beberapa ruas yang seharusnya dioperasikan pada tahun lalu ini!
  • IHSG Makin Murah, Kenapa Investor Masih Takut?

    IHSG Makin Murah, Kenapa Investor Masih Takut?

    Kamis, 03 Mei 2018 17:24 WIB IHSG saat ini sudah sangat murah. Seharusnya posisi saat ini sangat menggiurkan bagi investor untuk aksi beli. Lalu kenapa tak terjadi?
  • Lewat Program Ini, Harga Semen dan Beras di Papua Turun

    Lewat Program Ini, Harga Semen dan Beras di Papua Turun Kamis, 03 Mei 2018 17:19 WIB PT Pelindo IV mengklaim kegiatannya membangun konektivitas di Indonesia bisa memangkas harga barang, salah satunya semen.

  • Ini yang Bikin IHSG Anjlok 2% Lebih

    Ini yang Bikin IHSG Anjlok 2% Lebih

    Kamis, 03 Mei 2018 17:14 WIB Sore ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok cukup dalam hingga 2,55% ke 5.858. Apa penyebabnya?
  • Minim Sentimen Positif, IHSG Anjlok 2,55% ke 5.858

    Minim Sentimen Positif, IHSG Anjlok 2,55% ke 5.858

    Kamis, 03 Mei 2018 16:53 WIB Indeks Harga Saham Gabu ngan (IHSG) bergerak negatif membuka perdagangan di awal pekan ini. Sore ini, IHSG anjlok cukup dalam hingga 2,55% ke 5.858.
  • Dijual Mulai Rp 700 Ribu/Gram, Apa Manfaat Racun Kalajengking?

    Dijual Mulai Rp 700 Ribu/Gram, Apa Manfaat Racun Kalajengking?

    Kamis, 03 Mei 2018 16:39 WIB Racun kalajengking dijual dengan harga yang cukup tinggi. paling murah, 1 gram racun kalajengking dijual Rp 698.500/gram. Apa sih manfaatnya?
  • Pengusaha Minta Tambahan 3 Hari Libur Lebaran Tak Wajib

    Pengusaha Min ta Tambahan 3 Hari Libur Lebaran Tak Wajib

    Kamis, 03 Mei 2018 16:29 WIB Pengusaha meminta tambahan libur Lebaran pada 11-12 dan 20 Juni tidak wajib bagi perusahaan. Artinya, perusahaan diizinkan beroperasi pada tanggal itu.
  • Jelang Puasa, Orang Jual Emas Lebih Banyak Ketimbang yang Beli

    Jelang Puasa, Orang Jual Emas Lebih Banyak Ketimbang yang Beli

    Kamis, 03 Mei 2018 16:24 WIB Pedagang emas di Cikini Gold Center, Jakarta Pusat mengaku jelang Lebaran masyarakat lebih banyak yang menjual emas ketimbang membeli.
  • Genjot Infrastruktur, Anies-Sandi Siap Terbitk   an Surat Utang DKI

    Genjot Infrastruktur, Anies-Sandi Siap Terbitkan Surat Utang DKI

    Kamis, 03 Mei 2018 16:10 WIB Pemprov DKI Jakarta berencana menerbitkan sukuk (surat utang syariah) daerah. Dananya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur ibu kota.
  • 1 Gram Racun Kalajengking Dijual Mulai Rp 700 Ribu, Kok Bisa?

    1 Gram Racun Kalajengking Dijual Mulai Rp 700 Ribu, Kok Bisa?

    Kamis, 03 Mei 2018 16:05 WIB Di toko online internasional Alibaba.com, racun kalajengking paling murah dijual US$ 50/gram atau setara Rp 698.500/gram pada kurs Rp 13.970/US$. Kok bisa?
BERITA TERBARU +
  • Proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek Disetop saat Mudik Lebaran

    Proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek Disetop saat Mudik Lebaran Kamis, 03 Mei 2018 17:53 WIB

  • Tunggu Hasil Evaluasi Libur Lebaran, Bos BEI: Kita Ikut Saja

    Tunggu Hasil Evaluasi Libur Lebaran, Bos BEI: Kita Ikut Saja Kamis, 03 Mei 2018 17:46 WIB

  • Deretan Ruas Tol yang Siap Beroperasi Bulan Ini

    Deretan Ruas Tol yang Siap Beroperasi Bulan Ini Kamis, 03 Mei 2018 17:40 WIB

  • IHSG Makin Murah, Kenapa Investor Masih Takut?

    IHSG Makin Murah, Kenapa Investor Masih Takut? Kamis, 03 Mei 2018 17:24 WIB

Most
Popular Most
Popular Sumber: Google News | Berita 24 Papua

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »