www.AlvinAdam.com

Berita 24 Papua

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Indonesia-Papua Nugini bentuk pokja ekspor produk pertanian

Posted by On 09.39

Indonesia-Papua Nugini bentuk pokja ekspor produk pertanian

Merdeka > Uang Indonesia-Papua Nugini bentuk pokja ekspor produk pertanian Kamis, 19 April 2018 14:21 Reporter : Moh. Kadafi Pertemuan Indonesia dengan Papua Nugini. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Pertanian melakukan pertemuan dengan perwakilan pemerintah Papua Nugini (PNG) dalam rangka membuka peluang ekspor produk pertanian kedua negara. Nantinya, kerja sama ini dijembatani dalam sebuah Memorandum of Understanding (MOU) pada 20 April mendatang.

BERITA TERKAIT
  • Gandeng Universitas Sydney, Kementan ciptakan alat sensor canggih kesuburan tanah
  • Diduga ada pelanggaran, kebijakan wajib tanam bawang putih diminta diusut
  • Mentan Amran klaim PBB puji program ketahanan pangan pemerintah Jokowi-JK

"Kami sampaikan regulasi karantina pertanian Indonesia telah memenuhi persyaratan internasional," ucap Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan Dr. Arifin Tasrif, di Denpasar, Kamis (19/4).

Arifin menyampaikan, bahwa regulasi ini telah digunakan pula sebagai fasilitasi perdagangan dunia. Beberapa negara yang telah melakukan perjanjian kerja sama bilateral telah mengakui sistem pengawasan produk pertanian yang dilakukan Badan Karantina Pertanian Indonesia.

"Indonesia melihat besar peluang ekspor produk pertanian ke PNG. Masyarakat di perbatas an RI-PNG butuh komoditas tersebut untuk kebutuhan sehari-hari," imbuhnya.

Sayangnya, rencana ini masih dibatasi regulasi negara Papua Nugini yang belum membuka akses pasar secara terbuka. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan bisa membangun ekonomi perbatasan.

General Manager Operations otoritas karantina Papua Nugini Warea Orapa mengatakan isu penting lain yang mengemuka dalam pertemuan ini adalah pembentukan kelompok kerja teknis bersama kedua negara. Sehingga peningkatan kemampuan teknis dan asistensi pengawasan serta kolaborasi penelitian dalam bidang kesehatan hewan dan tumbuhan atau pertukaran informasi akses pasar potensial kedua negara akan terus didorong untuk kepentingan bersama.

"Kami sepakat untuk mendorong komoditas prioritas atau unggulan kedua negara," ucapnya. [azz]

Baca Juga:
Indonesia-Ghana sepakat lawan kampanye negatif kelapa sawitGandeng Universitas Sydney, Kementan ciptakan alat sensor canggih kesuburan tanahDiduga ada pelanggaran, kebijakan wajib tanam bawang putih diminta diusutPemerintah catat 200.000 hektare lahan sawah beralih fungsi tiap tahunMenko Darmin beberkan keuntungan pengucuran KUR ke sektor penggilingan padi
Topik berita Terkait:
  1. Kementan
  2. Papua Nugini
  3. Ekspor Impor
  4. Pertanian
  5. Ekonomi Indonesia
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • Sudirman Said: Yang mainnya fitnah terus lama-lama akan dihukum masyarakat

  • Fatma Saifullah Yusuf: Kartini ibu peradaban Indonesia

  • Relawan SMP lebarkan sayap ke daerah-daerah menangkan Gus Ipul - Puti

Rekomendasi

Sumber: Google News | Berita 24 Papua

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »