www.AlvinAdam.com

Berita 24 Papua

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pemkab Mimika gelar festival budaya pada Oktober 2018

Posted by On 23.14

Pemkab Mimika gelar festival budaya pada Oktober 2018

Pemkab Mimika gelar festival budaya pada Oktober 2018

id Pemkab Mimika gelar festival budaya pada Oktober 2018,Papua

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mimika Mohammad Toha (Foto: Antaranews Papua/Jeremias Rahadat)

Kedua suku ini memiliki kekhasa masing-masing mulai dari tarian adat, sampai pada noken (tas khas Papua) yang dibuat denga bahan dan cara masing-masing Timika(Antaranews Papua) - Pemerintah Kabuapten Mimika, Provinsi Papua, akan menggelar festival budaya suku-suku asli di wilay ah itu, pada Oktober 2018.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mimika Mohammad Toha, di Timika, Jumat, mengatakan festival budaya itu juga akan menonjolkan kekhasan budaya dua suku asli yaitu suku Amungme dan Kamoro.
Suku Amungme dan Kamoro sangat unik dan tentu menarik karena menampilkan dua karakteristik yang berbeda yaitu budaya suku Kamoro yang mendiami wilayah pesisir pantai dan suku Amungme yang mendiami area dataran tinggi.
"Kedua suku ini memiliki kekhasa masing-masing mulai dari tarian adat, sampai pada noken (tas khas Papua) yang dibuat denga bahan dan cara masing-masing," ujarnya.
Sebelumnya, festival budaya itu pernah dilaksanakan di Mimika beberapa tahun lalu dengan mengusung nama Kamoro Kakuru dengan menampilkan kekhasan budaya suku Kamoro saja.
Sayangnya festival itu tidak dapat rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai agenda tahunan Kabupaten Mimika, karena sejumlah alasan.
Untuk itu Toha berharap festival yang diagendakan pada Oktober yang bertepatan dengan momen HUT Kabupaten Mimika tersebut, dapat menjadi agenda tahunan.
Dengan demikian maka Pemkab Mimika juga bisa mendapat PAD dari kunjungan wisatawan di wilayah itu termasuk mengdongkarak sektor pariwisata di wilayah itu.
Ia mengatakan bahwa festival budaya tersebut dapat juga melibatkan suku-suku kekerabatan lain maupun suku-suku yang mendiami di wilayah itu namun hal tersebut dapat dipastikan jika anggaran yang sudah diusulkan mencukupi.
"Bisa juga kita sertakan dengan budaya-budaya lain, tapi itu tentu butuh anggaran yang cukup. Nanti kita lihat saja anggarannya jika APBD Induk Mimika 2018 sudah ditetapkan," ujarnya. (*) Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor: Anwar Maga
COPYRIGHT © ANTARA 2018 CetakSumber: Antara Papua Gaya Hidup

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »