www.AlvinAdam.com

Berita 24 Papua

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Survei: Jokowi dan Prabowo figur terkuat Pemilu 2019

Posted by On 07.33

Survei: Jokowi dan Prabowo figur terkuat Pemilu 2019

Survei: Jokowi dan Prabowo figur terkuat Pemilu 2019

id Survei: Jokowi dan Prabowo figur terkuat Pemilu 2019

Presiden Jokowi saat meresmikan empat proyek kelistrikan Papua-Maluku, yang dipusatkan di Holtekam, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, beberapa waktu lalu. (Foto: Antaranews Papua/Dhias Suwandi)

Di luar dua figur tersebut, semua tokoh elit politik lama yang pernah tampil dan baru yang muncul dalam dinamika elektoral tiga tahun terakhir elektabilitasnya kurang dari lima persen Jakarta (Antaranews Pap ua) - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto masih menjadi figur terkuat untuk menjadi capres pada Pemilu 2019, berdasarkan survei yang digelar Poltracking Indonesia pada 27 Januari-3 Februari 2018.
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda di Jakarta, Minggu, jarak elektabilitas kedua figur itu tidak terlalu berbeda dengan survei sebelumnya pada November 2017, yakni elektabilitas Jokowi 45-57 persen, sementara Prabowo 20-33 persen.
"Di luar dua figur tersebut, semua tokoh elit politik lama yang pernah tampil dan baru yang muncul dalam dinamika elektoral tiga tahun terakhir elektabilitasnya kurang dari lima persen," kata Hanta Yuda.
Meskipun elektabilitas Jokowi jauh di atas Prabowo dengan selisih 20 persen atau lebih, hal tersebut masih belum aman karena elektabilitasnya di bawah 60 persen.
Terkait dengan kandidat cawapres, survei pada 1.200 responden dengan "margin error" 2,83 persen itu menu njukkan terdapat enam figur untuk cawapres selain incumbent Jusuf Kalla yang memiliki elektabilitas di atas lima persen dengan gap signifikan dengan calon lain.
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) memberikan tumpeng kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Sejumlah Pengurus DPP Partai Gerindra saat perayaan HUT ke-10 Partai Gerindra di Kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta, Sabtu (10/2). HUT ke-10 Partai Gerindra tersebut bertemakan 'Rebut Kembali Indonesia Raya. (ANTARA FOTO/Reno Esnir) (ANTARA FOTO/Reno Esnir/)

Enam figur tersebut adalah Agus Harimurti, Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar dan Khofifah Indar Parawansa.
Namun, jika Jusuf Kalla masuk dalam bursa cawapres, maka ia tetap menjadi figur paling kuat dibanding figur lainnya.
Hanta Yuda mengatak an berdasarkan konstruksi hukum dan konstitusi di Indonesia dan pergerakan partai dalam beberapa bulan terakhir, ia menyebut mengerucut pada empat skenario koalisi.
Skenario koalisi tersebut, pertama adalah tiga poros Jokowi, Prabowo dan SBY, kedua adalah dua poros Jokowi-SBY melawan Prabowo, ketiga Jokowi melawan Prabowo-SBY dan empat Jokowi-Prabowo melawan Prabowo. (*)
Pewarta : Dyah Dwi A
Editor: Anwar Maga
COPYRIGHT © ANTARA 2018 CetakSumber: Antara Papua Politik

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »