www.AlvinAdam.com

Berita 24 Papua

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Polisi mediasi keributan antarkampung di Jayapura

Posted by On 17.29

Polisi mediasi keributan antarkampung di Jayapura

Polisi mediasi keributan antarkampung di Jayapura

id Polres Jayapura,Polda Papua,dermaga Yahim

Suasana mediasi di aula Mapolres Jayapura terkait pertikaian antara warga Kampung Babrongko dan Kampung Yahim, Kabupaten Jayapura, Papua. (Foto: Istimewa/Humas Polda Papua) ((Foto: Istimewa/Humas Polda Papua))

Kesepakatan kedua belah pihak tersebut, diakhiri dengan membuat surat penyataan bersama agar tidak terjadi persoalan yang bisa timbul dikemudian hari Jayapura (Antaranews Papua) - Kepolisian Resor Jayapura memediasi persoalan keributan antara masyarakat Kampung Babrongko dan Kampung Yahim terkait pembangunan dermaga Yahim di Aula Obhe Reay May, Mapolres Jayapura, Kabupaten Jayapura, Papua.
Kapolres Jayapura AKBP Gustav R Urbinas ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Rabu mengatakan mediasi itu dilakukan pada Selasa (9/1) yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Jayapura AKP Yudo Winarno, Kasat Intelkam Iptu Budi Santoso dan Ka SPKT Ipda Eddy JJ Hetharia.
"Yang dihadiri oleh para tetua dan ondofolo serta masyarakat dari kedua belah pihak sebanyak 41 orang dan perwakilan perusahaan PT Citra Indah Pratama selaku pemenang tender perkerjaan dermaga yahim yang diwakili pelaksana proyek, Salam M," katanya.
Persoalan itu berawal dari timbulnga aksi keributan yamg terjadi pada 24 Desember 2017 dari pihak Kampung Babrongko, Ondofolo Yeheskiel Wally yang dikoordinir Elisa Wally melakukan pemasangan spanduk yang isinya meminta agar dilakukan pemberhentian atas pembangunan dermaga Yahim atau dengan kata lain, d iblokade.
"Sementara, dari Kampung Yahim yang dikoordinir oleh Noak Felle melakukan pembongkaran dan pembakaran spanduk yang akhirnya memicu terjadinya aksi balasan berupa pengrusakan terhadap Camp pekerja yang berujung terjadinya keributan antara kedua belah pihak," katanya.
Permasalahan pembangunan dermaga Yahim yang dilakukan oleh PT Citra Indah Pratama, akhirnya sesuai dengan kesepakatan antara masyarakat kedua kampung agar tetap berjalan.
"Sedangkan masalah tanah adat Pouge Raimen antara masyarakat Kampung Yahim dan masyarakat Kampung Babrongko, dari ondofolo Yahim Albert Felle mempersilahkam masyarakat Kampung Babrongko melanjutkan ke ranah pengadilan sesuai permintaan dari Elisa Wally," katanya.
Kesepakatan kedua belah pihak tersebut kata dia, diakhiri dengan membuat surat penyataan bersama agar tidak terjadi persoalan yang bisa timbul dikemudian hari, seperti konflik sosial dan masyarakat bisa saling menjaga terkait kelanjutan pembangun an dermaga Yahim Sentani.(*)
Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Editor Papua
COPYRIGHT © ANTARA 2018 CetakSumber: Antara Papua Hukum

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »