www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tokoh: MRP semestinya bisa perjuangkan hak-hak OAP

Posted by On 09.34

Tokoh: MRP semestinya bisa perjuangkan hak-hak OAP

Tokoh: MRP semestinya bisa perjuangkan hak-hak OAP

id Tokoh: MRP harus perjuangkan hak-hak OAP, Papua

Tokoh Papua, Yonas Alfons Nusy. (Foto: Istimewa)

MRP diharapkan dapat mengambil peran penting untuk bagaimana memberikan proteksi secara baik terkait dengan hak-hak konstitusi masyarakat adat Papua atau orang asli Papua
Jayapura (Antara Papua) - Tokoh Papua Yonas Nusy berharap anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) yang telah dilantik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo pada pekan lalu, semestinya bisa memperjuangkan hak-hak Orang Asli Papua (OAP).
"MRP diharapkan dapat mengambil peran penting untuk bagaimana memberikan proteksi secara baik terkait dengan hak-hak konstitusi masyarakat adat Papua atau orang asli Papua," kata Yonas Nusy di Kota Jayapura, Papua, Selasa.
Menurut dia, hak-hak Orang Asli Papua (OAP) yang dimaksudkan seperti yang tertuang dalam tugas pokok dan fungsi MRP sebagaimana tertuang dalam UU Otsus Nomor 20 Tahun 2001.
"Di bidang pendidikan dan kesehatan, OAP harus didukung, difasilitasi, terutama soal adat, perempuan dan agama. MRP harus bisa komunikasikan hal ini dengan pemerintah daerah, provinsi, pusat dan wakil rakyat atau legislatif, bagaimana buat OAP merasakan masa Otsus ini dengan baik," katanya.
Apalagi, kata Yonas yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Barisan Merah Putih (BMP) Provinsi Papua, ada harapan besar di pundak pada anggota lembaga kultur tersebut, yang sejalan dengan pikiran pemerintah, seperti yang disa mpaikan oleh Mendagri Tjahyo Kumolo.
"Bahwa lembaga ini, MRP, tidak lagi menggunakan kekuatan sebagai lembaga adat untuk membicarakan persoalan politik, tapi bicara tentang bagaimana membangun komunikasi kultur yang ada di Papua untuk bisa menyambung komunikasi dengan lembaga legislatif yang disebut DPRP dan eksekutif atau pemerintah daerah sehingga diharapkan dapat melakukan eksekusi pelayanan publik secara baik, khususnya hak-hak dasar OAP," katanya.
Mengenai alat kelengkapan dan unsur pimpinan MRP, Yonas berharap agar keterwakilan lima wilayah adat bisa sesuai atau proporsional sehingga ada rasa keadilan dan kebersamaan, jika pada dua periode lalu, unsur pimpinan ada di salah satu wilayah adat, maka pada kesempatan ini, sudah seharusnya diberikan kepada wilayah adat lainnya.
"Keanggotaan MRP kali ini sangat berpotensi, ada kekuatan muda dan orang tua. Sebaiknya dalam memilih unsur pimpinan dirembukan sehingga tidak terfokus pada satu wilayah adat, tapi bagaimana wilayah adat lainnya juga mendapat kesempatan yang sama jadi unsur pimpinan," kata Yonas.
Mendagri Tjahyo Kumolo melantik dan mengambil sumpah terhadap 51 anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) yang akan bertugas untuk periode 2017-2011 di Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (20/11).
Ke-51 anggota MRP yang dilantik ini terdiri atas tiga unsur yakni perwakilan agama, adat dan perempuan.
"Lembaga MRP merupakan representasi kultural sehingga jangan berperan sebagai lembaga politik," ujarnya. (* ) Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Anwar Maga
COPYRIGHT © ANTARA 2017 CetakSumber: Antara Papua Politik

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »