www.AlvinAdam.com


Berita 24 Papua

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

RSMM resmi layani pasien peserta BPJS Kesehatan

Posted by On 06.00

RSMM resmi layani pasien peserta BPJS Kesehatan

RSMM resmi layani pasien peserta BPJS Kesehatan

id RSMM resmi layani pasien peserta BPJS Kesehatan, Papua, LPMAK

Wakil Direktur Medis RSMM Timika dr Theresia Nina (Foto: Jeremias Rahadat)

Ini yang tentu akan menjadi tugas kami untuk memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat terutama warga asli Papua atau secara khusus tujuh suku Timika (Antaranews Papua) - Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), Timika, Mimika, Papua milik Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) resmi melayani pasie n rujukan peserta BPJS Kesehatan di wilayah itu.
Wakil Direktur Medis RSMM, dr Theresia Nina di Timika, Kamis, mengatakan pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan dimulai sejak 1 Januari 2018 dan berlaku bagi semua pasien, bukan hanya bagi peserta BPJS tujuh suku asli Papua di Mimika.
Theresia mengatakan kerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan untuk menjadi rumah sakit rujukan di wilayah itu merupakan keputusan dari para pemangku kepentingan terkait seperti LPMAK sebagai pemilik, dan Gereja Katolik Keuskupan Timika dan Yayasan Caritas Timika Papua sebagai penanggung jawab dan pengelola untuk merubah skema maupun sistem dalam organisasi demi pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi.
Selain melayani pasien BPJS Kesehatan, sejak 2016 lalu RSMM juga telah menjadi rumah sakit trauma center yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk menangani peserta BPJS Kesehatan yang mengalami kecelakaan kerja di wilayah itu.
Sementara itu dari sisi kesiapan sistem, sarana pra sarana dan SDM, menurut Theresia bahwa pihak manajemen tetap berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana dan semua hal terkait pelayanan pasien di RSMM secara berkelanjutan. Namun pada masa awal ini Theresia meminta masyarakat untuk memaklumi hal tersebut karena dinilai wajar.
Pada kesempatan yang sama Theresia mengimbau kepada peserta B{JS Kesehatan bahwa layanan BPJS Kesehatan sesuai standar rumah sakit merupakan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama atau mendesak.
Untuk itu bagi pasien peserta BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan terlebih dahulu fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ada di sekitar lingkungannya terlebih dahulu. Jika dimungkinkan maka dapat merujuk ke RSMM.
"Ini yang tentu akan menjadi tugas kami untuk memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat terutama warga asli Papua atau secara khusus tujuh suku," ujarnya.
Kepala Hubungan Masyarakat RSMM Timika, Elfinus Omaleng mengatakan bahwa masyarakat asli Papua perlu diberi kan pemahaman bahwa proses BPJS Kesehatan itu seperti apa termasuk manfaat-manfaat BPJS Kesehatan dan Ketenagakejraan bagi masyarakat.
"Perlu komunikasi yang efektif dan kerja keras kami juga untuk mengedukasi masyarakat kita sehingga jalur-jalur pelayanan BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan dan manfaat dapat dimengerti," tutur Elfius. (*) Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor: Anwar Maga
COPYRIGHT © ANTARA 2018 CetakSumber: Antara Papua Daerah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »