Tol laut jamin bahan pokok di Papua

Tol laut jamin bahan pokok di Papua Tol laut jamin bahan pokok di Papua Oleh : Muhsidin id Tol laut jamin...

Tol laut jamin bahan pokok di Papua

Tol laut jamin bahan pokok di Papua

Oleh : Muhsidin id Tol laut jamin bahan pokok di Papua

Petugas memandu proses bongkar muat kontainer KM Caraka Jaya Niaga III-32 di Terminal Jamrud Selatan, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. KM Caraka Jaya Niaga III-32 merupakan salah satu dari tiga kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) yang dioperasionalkan perdana dalam program Tol Laut. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Pemkab Biak Numfor melalui Dinas Perindag telah memperjuangkan permintaan pengusaha pemasok bahan pokok kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan dan kementerian terkait lainnya di Jakarta
Rutinitas jadwal pelayanan angkutan kapal tol laut menyinggahi pelabuhan di berbagai kabupaten di Papua dan Papua Barat berdampak positif dalam upaya menjamin ketersediaan bahan pokok di wilayah paling timur Negara Kesatuan Republik Indonesia itu.
Kebijakan tol laut dengan diberikan subsidi biaya angkutan dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan itu dinilai memperhatikan kebutuhan pembangunan daerah pinggiran.
Rute angkutan tol laut dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan tujuan Pelabuhan Manokwari-Wasior, Nabire, Serui dan Biak itu merupakan sarana vital untuk angkutan pengiriman kebutuhan bahan pokok di berbagai kabupaten di wilayah paling timur NKRI itu.
Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor bidang ekonomi pembangunan Mahasunu SIP mengatakan permintaan pengusaha pemasok kebutuhan bahan pokok telah dipenuhi pemerintah p usat dengan menyediakan rute tol laut dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.
Pemenuhan permintaan pembukaan tol laut jalur Surabaya-Biak lebih menguntungkan pengusaha lokal untuk menjamin terpenuhinya suplai kebutuhan bahan pokok ke Biak Numfor.
Keuntungan lain dengan dibukanya rute Surabaya-Biak, menurut Mahasunu, berdampak pada biaya lebih murah karena berbagai kebutuhan bahan pokok mudah dipenuhi dari Surabaya yang merupakan pusat produksi aneka barang.
"Pemkab Biak Numfor melalui Dinas Perindag telah memperjuangkan permintaan pengusaha pemasok bahan pokok kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan dan kementerian terkait lainnya di Jakarta," ujarnya.
Mengingat selama ini suplai bahan pokok ke Biak dominan dari Surabaya dan Makassar, Sulawesi Selatan, dengan beragam jenis barang, seperti telur, daging ayam, bumbu masak, sayur mayur serta barang rumah tangga lainnya.
Jaga Kebutuhan Natal
Pelak sana tugas Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengajak semua pengusaha pemasok kebutuhan barang di wilayah setempat dapat menjaga pemenuhan kebutuhan stok menghadapi perayaan Natal, sejak menjelang 25 Desember 2017 hingga sesudahnya.
Ketersediaan layanan angkutan tol laut itu, menurut Plt Bupati Herry Naap, bertujuan untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat di wilayah terdepan, tertinggal dan terluar.
Fasilitas layanan angkutan tol laut juga memberikan kepastian waktu pengiriman barang pokok ke daerah tujuan sesuai dengan rute yang ditetapkan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Pelabuhan Biak Numfor.
Berdasarkan data setiap tahun saat masyarakat akan merayakan hari besar keagamaan Nasional berdampak dengan meningkatnya permintaan barang pokok hingga 1,5 kali sampai dua kali permintaan normal biasanya.
Saat cuaca ekstrem mulai melanda berbagai wilayah di Indonesia, menurut Herry Naap, maka pengusaha pemasok diminta perlu memperhatikan ketsersediaan bahan pokok sehingga memberikan rasa aman bagi masyarakat yag merayakan hari besar keagamaan.
Kepada jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan, menurut Plt Bupati Herry Naap, diminta bekerja sama dengan aparat berwenang untuk meningkatkan pengawasan di lapangan dalam upaya mencegah adanya penimbunan dan peredaran makananan yang sudah lewat batas edar.
Pemkab Biak Numfor memastikan pasokan barang pokok menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2018 dapat terpenuhi dengan aman di pasaran maupun distributor pemasok.
Peran pemerintah daerah dalam memperhatikan pemenuhan ketersediaan barang pokok untuk masyarakat di Kabupaten Biak Numfor dalam menghadap hari raya Natal menjadi hal prioritas.
Primadona pengusaha
Adanya jasa angkutan tol laut yang digalakkan pemerintah menjadi primadona diminati pengusaha pemasok bahan pokok dan barang strategis lainnya di Kabupaten Biak Numfor.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Biak Numfor W idiarto mengakui adanya pelayanan angkutan tol laut dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Pelabuhan Biak Numfor sangat memudahkan pengiriman barang kebutuhan bahan pokok ke wilayah Biak dan sekitarnya.
"Pengiriman barang kebutuhan pokok dan bahan bangunan dari Surabaya ke Biak butuh waktu 26 hari perjalanan, ya kami berharap penyediaan angkutan tol laut yang rutin setiap bulan menyinggahi Pelabuhan Biak," ujarnya.
Widiarto mengakui adanya layanan tol laut ke Biak berdampak positif bagi daerah tujuan karena berbagai bahan pokok untuk masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.
Bahkan sejak adanya program angkutan tol laut, menurut Widiarto, biaya angkutan pengiriman barang yang dikeluarkan pengusaha distributor pemasok lebih murah karena mendapat subsidi angkutan dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan.
"Ada selisih biaya angkutan sekali pengiriman yang dapat dihemat oleh pengusaha pemasok barang pokok berkisar Rp7 juta hingga Rp10 jutaan," ungkapnya.
Widiarto mengatakan Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub bernomor:AL108/3/17/DJPL-2017 tentang Jaringan Angkutan Barang di Laut Tahun 2017 tertanggal 22 Juni menjadi dasar pembukaan rute T12 Surabaya-Biak.
Dengan keluarnya Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub tentang Pelayanan Angkutan Tol Laut Surabaya-Biak, menjawab usulan permintaan pengusaha distributor barang pokok kepada pemkab melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
"Jajaran Pemkab Biak Numfor sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah menyediakan layanan tol laut karena membantu pengusaha mengirim kebutuhan barang pokok dan bahan bangunan dari Surabaya ke Biak," ujarnya.
Kehadiran jasa angkutan tol laut di wilayah Papua dan Papua Barat menjadi `magnet` pengusaha luar Papua untuk menjadi tempat spesial pemasaran barang pokok dengan menikmati angkutan bersubsidi yang diprogramkan pemerintah, dibiayai dari uang rakyat dalam membangun daerah dari w ilayah pinggiran. (*)
Editor: Anwar Maga
COPYRIGHT © ANTARA 2017 CetakSumber: Antara Papua

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,51,
ltr
item
Berita 24 Papua: Tol laut jamin bahan pokok di Papua
Tol laut jamin bahan pokok di Papua
https://papua.antaranews.com/img/www.antarapapua.com.png
Berita 24 Papua
http://www.papua.berita24.com/2017/12/tol-laut-jamin-bahan-pokok-di-papua.html
http://www.papua.berita24.com/
http://www.papua.berita24.com/
http://www.papua.berita24.com/2017/12/tol-laut-jamin-bahan-pokok-di-papua.html
true
7309113932540018515
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy