Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua: Tutup Freeport

Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua: Tutup Freeport Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk...

Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua: Tutup Freeport

Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua: Tutup Freeport

Ratusan orang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua berkumpul di Jalan Pangeran Diponegoro.

Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua: Tutup FreeportWarta Kota/Hamdi PutraRatusan orang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua berkumpul di Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat pada Jumat (1/12/2017).

WARTA KOTA, JAKARTA - Ratusan orang yang tergabung dalam Papua'>Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua ber kumpul di Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat pada Jumat (1/12/2017).

Tepatnya di samping Kedutaan Srilanka.

Dalam orasinya, mereka menuntut penutupan PT Freeport Indonesia dan penentuan nasib sendiri bagi West Papua.

"Hari ini adalah hari peringatan kemerdekaan West Papua. Jadi West Papua itu sudah pernah mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 1 Desember 1961," kata Juru Bicara Front Rakyat Indonesia Untuk West Papua, Surya Anta.

Menurut ketarangan Surya Anta, 19 hari kemudian Soekarno mendeklarasikan trikora di Jogja untuk merebut West Papua dan membubarkan negara yang dianggap Soekarno sebagai negara boneka.

"Papua tidak pernah terlibat dalam proses kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Papua memiliki trayek kemerdekannya sendiri," tambah Surya Anta.

Meskipun sama-sama dijajah oleh Belanda, namun ada dua perbedaan antara kemerdekaan West Papua dan kemerdekaan Indonesia.

"Pertama, secara administrasi berbeda dan secara perasaan senasib juga berbeda," lanjut Surya Anta.

Surya Anta menyatakan perbedaan administrasi tersebut karena pusat administrasi penjajahan Belanda di Indonesia adalah di Batavia, sedangkan pusat administrasi penjajahan West Papua adalah di Hollandia atau Jayapura.

Pantauan Warta Kota, terdengar nyanyian yel-yel dan teriakan dari para peserta aksi.

"Papua bukan merah-putih," begitu bunyi teriakan mereka.

Saat ini, aparat kepolisian masih berjaga-jaga di sekitar lokasi aksi untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Selain itu, arus lalu lintas yang melewati jalan Pangeran Diponegoro juga ditutup untuk sementara sampai aksi ini selesai dan situasi dinyatakan kondusif.

Penulis: Hamdi Putra Editor: Hertanto Soebijoto Sumber: Warta Kota Ikuti kami di Video Pramugari Lion Air Tampar Penumpang yang Berujung Lapor Polisi Sumber: Google News | Berita 24 Papua

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,51,
ltr
item
Berita 24 Papua: Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua: Tutup Freeport
Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua: Tutup Freeport
http://cdn2.tstatic.net/wartakota/foto/bank/images/demo-mahasiswa-papua_20171201_110644.jpg
Berita 24 Papua
http://www.papua.berita24.com/2017/12/aliansi-mahasiswa-papua-dan-front.html
http://www.papua.berita24.com/
http://www.papua.berita24.com/
http://www.papua.berita24.com/2017/12/aliansi-mahasiswa-papua-dan-front.html
true
7309113932540018515
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy