Dinkes sewa pesawat angkut pasien dari Korowai

Dinkes sewa pesawat angkut pasien dari Korowai Dinkes sewa pesawat angkut pasien dari Korowai Pewarta : Pewarta: Mu...

Dinkes sewa pesawat angkut pasien dari Korowai

Dinkes sewa pesawat angkut pasien dari Korowai

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar id Dinkes sewa pesawat angkut pasien dari Korowai, UP2KP, Papua, Dinas Kesehatan

Jayapura (Antara Papua) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua menyewa pesawat berbadan kecil untuk membawa seorang anak yang luka di bagian dahi dan diduga tumor dari Korowai ke Jayapura untuk berobat.
"Tanggal 30 September 2017, saya dikontak oleh salah seorang misionaris yang bekerja di Korowai, di daerah Danau Wage, namanya Pak Trafer, bahwa ada pasien di Korowai, kami langsung sewa pesawat untuk mengangkut anak itu ke Jayapura," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Papua dr Silvanus Sumule di Jayapura, Kamis.
Pembiayaan pasien itu selama di rumah sakit baik perawatan hingga tindakan operasi digratiskan dengan menggunakan Kartu Papua Sehat (KPS).
Korowai berada di persimpangan Kabupaten Yahukimo, Mappi, Boven Digoel, dan Asmat. Kehidupan suku yang baru ditemukan sekitar 30 tahun lalu masih terisolasi.
"Pak Trafer ini sudah lama bekerja sama dengan kami di Dinas Kesehatan Provinsi Papua, beberapa bulan lalu di tahun ini kami Dinkes Papua memberikan dukungan berupa obat-obatan kepada mereka," ujarnya.
Dia mengatakan belakangan ini Dinas Kesehatan Papua terus memberikan dukungan berupa obat-obat kepada misionaris tersebut.
"Misionaris ini kontak saya bahwa ada pasien, jadi pasien itu dia kirim fotonya kepada saya. Kami langsung merespon dan saya bilang segera dikirim ke Jayapura untuk berobat," ujarnya.
Pasien itu dikirim dari Korowai ke Jayapura pada Selasa (2/10) tiba di Bandara Sentani lalu dibawa ke Rumah Sakit Dian Harapan.
"Mengapa, karena pasien yang masih tergolong anak ini terdapat luka yang menganga di bagian rahangnya, dan perlu penanganan serius," ujarnya.
Pada Rabu (4/10), dokter di RS Dian Harapan mendiagnosis bahwa luka di bagian rahang akibat infeksi, tetapi tidak menutup kemungkinan sebagai kangker.
"Kita masih membutuhkan beberapa pemeriksaan khusus untuk mendiagnosis sebenarnya pasien itu menderita jenis penyakit apa," ujarnya.
Ia mengatakan pasien belum bisa dioperasi karena kondisi belum memungkinkan.
"Hingga kini kita masih memberikan obat antibiotik agar infeksinya tidak meluas. Sesudah itu barulah dilakukan tindakan operasi," kata dia.(*)
Editor: Anwar Maga
COPYRIGHT © ANTARA 2017Sumber: Antara Papua Otsus

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,51,
ltr
item
Berita 24 Papua: Dinkes sewa pesawat angkut pasien dari Korowai
Dinkes sewa pesawat angkut pasien dari Korowai
Berita 24 Papua
http://www.papua.berita24.com/2017/11/dinkes-sewa-pesawat-angkut-pasien-dari_73.html
http://www.papua.berita24.com/
http://www.papua.berita24.com/
http://www.papua.berita24.com/2017/11/dinkes-sewa-pesawat-angkut-pasien-dari_73.html
true
7309113932540018515
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy