Dinkes Papua segera berangkatkan tim kesehatan untuk Suku Korowai

Dinkes Papua segera berangkatkan tim kesehatan untuk Suku Korowai Dinkes Papua segera berangkatkan tim kesehatan untuk Suku Korowai ...

Dinkes Papua segera berangkatkan tim kesehatan untuk Suku Korowai

Dinkes Papua segera berangkatkan tim kesehatan untuk Suku Korowai

Pewarta : Pewrata: Musa Abubar id Dinkes Papua segera berangkatkan tim kesehatan untuk Suku Korowai

Kasie Kesehatan Tradisional Dinkes Papua Yusup Wona (Foto: Antara Papua/Musa Abubar)

Jayapura (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua segera memberangkatkan tiga tim kesehatan untuk melakukan pelayanan kesehatan selama dua bulan di tiga titik, yakni di wilayah suku Korowai tepatnya di Danowage, Korowai Batu, Yigi, Kabupaten Nduga dan Samenage di Kabupaten Yahukimo.
Kasie Kesehatan Tradisional Dinkes Provinsi Papua, Yusup Wona di Jayapura, Minggu, mengemukakan pelepasan tiga tim itu akan dilakukan di sela-sela upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun di Kantor Gubernur Papua pada Senin, 13 November 2017.
"Kini telah terbentuk tiga tim yang terdiri dari sembilan orang. Sembilan orang tersebut yakni satu perawat, satu bidan, dan satu tenaga dokter," ujarnya.
Yusup mengaku ia diberikan tanggung jawab oleh Kepala Dinas Kesehatan Papua, Aloysius Giyai untuk merekrut tenaga kesehatan tersebut.
Sembilan orang tersebut, menurut dia, akan melakukan pelayanan kesehatan di tiga titik, yakni di Danowage, Korowai Batu, Distrik Yaniruma, Kabupaten Boven Digoel dan Samenage di Kabupaten Yahukimo.
"Mereka akan melakukan pelayanan kesehatan di tiga wilayah itu selama dua bulan dan akan ditarik kembali pada 18 Desember 2017," katanya.
Dia menjelaskan tenaga yang direkrut itu merupakan rekomendasi dari tim "save korowai" yang turun kedua ke Korowai September lalu, setelah melaksanakan beberapa agenda yang pertama itu identifikasi masalah, kedua pengobatan,yang berikut yaitu rencana tindak lanjut.
Yusup menuturkan rencana tindaklanjut itu disusun lalu diajukan ke Kepala Dinas Kesehatan Papua, Aloysius Giyai untuk segera mengirim tim kesehatan ke suku Korowai bahkan dua daerah yang juga bermasalah dengan kesehatan seperti Yigi dan Samenage.
"Yang kami rekomendasikan yang pertama jangka pendek yaitu tim kesehatan harus berada didaerah yang bermasalah dengan kesehatan seperti di Danowage, Korowai Batu, Distrik Yaniruma Kabupaten Boven Digoel, begitupun diwilayah Yigi serta Samenage," ujarnya.
Menurut dia, tim yang diturunkan itu adalah tim darurat tanggap cepat yang siap melayani kesehatan ditiga daerah tersebut.
Pada Maret 2018, tambah dia, Dinkes Papua akan kembali menurunkan tim kesehatan terpadu untuk melakukan pelay anan kesehatan di daerah pedalaman Papua. (* ) Editor: Anwar Maga
COPYRIGHT © ANTARA 2017Sumber: Antara Papua Daerah

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,51,
ltr
item
Berita 24 Papua: Dinkes Papua segera berangkatkan tim kesehatan untuk Suku Korowai
Dinkes Papua segera berangkatkan tim kesehatan untuk Suku Korowai
https://cimg.antaranews.com/cache/papua/730x487/2017/11/20171111Kasie_Kesehatan_Tradisional_Dinkes___Papua_Yusup_Wona.jpg
Berita 24 Papua
http://www.papua.berita24.com/2017/11/dinkes-papua-segera-berangkatkan-tim.html
http://www.papua.berita24.com/
http://www.papua.berita24.com/
http://www.papua.berita24.com/2017/11/dinkes-papua-segera-berangkatkan-tim.html
true
7309113932540018515
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy